Fungsi dan Kontroversi Winglet di MotoGP

Fungsi dan Kontroversi Winglet di MotoGP
Sebagian pembalap mengaku dengan atau tanpa winglets hampir tak ada bedanya. Sejumlah pembalap setuju winglets dilarang, termasuk Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Valentino Rossi.

Winglet generasi terbaru yang menempel di body motor diperkenalkan kembali oleh Ducati di awal musim 2015 lalu.

Winglet adalah sebuah sayap kecil yang digunakan untuk menambah daya tekan ke bawah atau downforce karena tekanan angin sehingga ban depan akan tetap stabil dan tidak terangkat keatas saat pembalap keluar tikungan, sehingga pembalap tersebut bisa menarik gas penuh tanpa khawatir dengan keseimbangan motor. 

Sejak diperkenalkan oleh tim Ducati awal musim 2015 lalu penggunaan winglet memang sedikit menjamur, termasuk pembalap besar seperti Valentino Rossi pun kerap menggunakan winglet, namun beberapa pembalap kerap mempermasalahkan penggunaan winglet apalagi setelah insiden pembalap Ducati Adrea Iannone pernah menabrak dan mematahkan kamera on board milik Marc Marquez.

Namun sampai hari ini penyelenggaran MotoGP masih belum mengeluarkan keputusan resmi mengenai penggunaan Winglet. Selain itu pembalap yang berada dibelakang motor yang menggunakan winglet akan merasakan turbulensi angin yang cukup mengganggu.

 “Kami belum tahu apa yang akan terjadi di Le Mans. Tentu masalah ini akan kembali dibicarakan di sana namun saya tidak yakin apakah ada keputusan akhir, karena banyak sekali pertimbangan yang diambil,” kata Corrado Cecchinelli, Direktur Teknologi MotoGP, seperti dikutip Crash.net.

Beberapa Komentar Winglet Menurut Para Rider :
Aleix Espargaro : “Winglet membuat Anda mengurangi risiko wheelie dan memiliki kekuatan cukup untuk menghadapi tikungan. Winglet tak hanya berguna di lintasan ini tetapi juga di Mugello dan Aragon. Selain itu winglet juga membuat pembalap lebih mudah mengontrol motor,” 

Sementara itu Marc Marquez Menganggap Penggunaan Winglet menjadikan motogp seperti Formula 1, ia berkata “Beberapa pembalap senang dengan penggunaan sayap, tetapi beberapa lagi tidak. Bagi saya dunia balap motor lebih baik tanpa penggunaan sayap. Itu akan menyulitkan seorang pembalap menyalip pembalap lainnya. Itu akan menjadikan balapan ini menjadi seperti Formula One, Tandasnya

0 Response to "Fungsi dan Kontroversi Winglet di MotoGP"

Posting Komentar